Rabu, 15 Januari 2020

Standar Kelembaban dan Suhu Ruangan

Standar Kelembaban dan Suhu Ruangan - Udara merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup termasuk manusia, karenanya menghirup udara yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup kita. Di zaman sekarang ini udara sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu udara yang berasal dari dalam dan luar ruangan.

Standar Kelembaban dan Suhu Ruangan

Kita sendiri menghirup oksigen yang ada di udara, namun udara juga mengandung zat lain seperti karbondioksida, mikroba dan zat lainnya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui kualitas udara yang kita hirup. Udara juga rentan mengalami pencemaran, dan ternyata pencemaran yang banyak terjadi adalah di dalam ruangan.

Standar Kelembaban dan Suhu Ruangan

Hal paling mudah untuk menentukan suatu ruangan sehat atau tidak adalah dengan mengetahui tingkat kelembaban ruangan tersebut. Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa kelembaban udara sendiri berbeda dengan suhu udara, terkadang masih banyak orang yang menganggapnya sama.

suhu sendiri merupakan tingkat panas dari suatu benda, jadi dengan kata lain suhu udara akan menunjukkan derajat panas dari udara. semakin tinggi suhu suatu benda maka semakin panas pula benda tersebut. cara paling cepat dan akurat untuk mengukur suhu udara yakni dengan alat pengukur suhu atau termometer, baik itu termometer dinding, atau yang lebih canggih dengan menggunakan termometer laser.

sedangkan Kelembaban udara adalah tingkat uap air yang ada di dalam udara. kelembaban udara dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dan berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya:
  • Suhu udara
  • Pergerakan angin
  • Pencahayaan
  • Ventilasi
  • Ketersediaan air

tingkat kelembaban udara yang terlalu rendah akan menyebabkan kekeringan selaput membran udara, dan apabila kelembaban udara di suatu ruangan terlalu tinggi maka akan menyebabkan tingginya pertumbuhan mikroorganisme. tingkat kelembaban yang tidak normal dapat menyebabkan masalah pernafasan dan mengganggu kesehatan manusia yang berada di ruangan tersebut.

kelembaban udara memang bisa dirasakan dengan indra kita, akan tetapi untuk mengukur tinggi rendahnya kita tidak bisa secara kasat mata. oleh karena itu kita membutuhkan alat pengukur suhu dan kelembaban. Alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kelembaban udara di suatu ruangan disebut dengan Hygrometer. Dengan memakai alat ini kita dapat mengukur tingkat kelembaban suatu ruangan dengan cepat dan akurat. Hal ini membuat kita bisa menentukan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk membuat ruangan yang kita tempati memiliki udara yang sehat dan baik.

0 komentar:

Posting Komentar