Rabu, 12 Desember 2018

Cara Merawat Ikan Dalam Akuarium Agar Tidak Mudah Mati

Cara Merawat Ikan Dalam Akuarium Agar Tidak Mudah Mati – Akuarium merupakan sebuah aksesoris dan juga bisa digunakan untuk tempat tinggal para ikan. Ikan hias biasanya sering digunakan untuk hiasan sekaligus peliharaan. Walaupun ikan dapat hidup di akuarium, tapi harus diperhatikan pula kondisi akuarium, apakah ikan didalamnya sehat, subur atau tidak.

Merawat Ikan Dalam Akuarium

Akuarium sebaiknya rutin dibersihkan. Biasanya ikan akan terserang beberapa penyakit, seperti udang jangkar, jamur dll. Ikan tak hanya dapat terkena penyakit, namun juga bisa mati. Bukan hanya dibersihkan melalui proses filtrasi yang ada dalam akuarium saja, tapi ganti air dalam akuarium.

Filter berguna untuk menyaring kotoran dalam akuarium, dianjurkan memiliki dua kain filter agar dapat menggunakan secara bergantian. Dalam memaksimalkan kualitas filter air, dapat ditambah dengan penggunaan arang sisa pembakaran, yang sudah dibersihkan dengan cara dicuci.

Hal berikut perlu diperhatikan agar akuarium tetap bersih, ikan sehat dan indah :

1. Penggunaan Garam Ikan

Garam ikan adalah garam yang dapat membantu menyuburkan ikan, garam tersebut tidak mengandung yodium seperti garam dapur. Garam ini adalah garam murni, kebanyakan ikan hias adalah ikan yang berada di perairan asin. Pemberian garam harus sesuai dengan keadaan air dan ikan.

2. Penggunaan Metil Blue

Penggunaan metil blue berguna untuk membasmi bakteri yang terdapat pada akuarium. Bakteri akan banyak menempel pada akuarium, dan membuat air dalam akuarium menjadi keruh.

3. Kurangi Penggunaan Aksesoris Yang Berlebihan

Memang penggunaan aksesoris akan mempercantik akuarium, namun penggunaan aksesoris yang berlebihan dapat mengganggu ikan dalam akuarium dan mempercepat kotornya akuarium.

4. Pemberian Makan Yang Sesuai

Pemberian makan ikan yang sesuai dapat menjaga air dalam akuarium agar tetap bersih. Makanan ikan yang tersisa dalam air akan menyebabkan air yang semakin keruh.

5. Upayakan Tidak Ada Karat Dalam Air

Karat biasanya terjadi bila suatu tembaga bertemu dengan air. Ikan akan mati jika terkena larutan logam yang tinggi seperti karat.

6. Jangan Gunakan Klorin

Walaupun klorin berfungsi untuk membersihkan air dari bakteri, tapi tidak dianjurkan menggunakan klorin dalam akuarium ikan. Hal itu dapat menyebabkan ikan keracunan dan mati.

Tanda tanda yang disebabkan adalah ikan berenang kesana kemari dengan cepat, mencari tempat yang tidak terdapat klorin, ikan agan berwarna pucat, gemetar dan lama kelamaan akan mati.

0 komentar:

Posting Komentar