Minggu, 26 Januari 2020

Alat Uji Kekerasan

Alat Uji Kekerasan (Hardness Tester) merupakan sebuah alat elektronik yang berguna untuk menguji kekerasan material seperti batu, besi, baja, logam dll. Kekerasan suatu material sendiri adalah salah satu sifat mekanik dari suatu material selain sifat fisik dan teknologi yang dimilikinya. Kekerasan memiliki rumus untuk pengujian kekerasan seperti Brinnel (HB / BHN), Rockwell (HR / RHN), Vikers (HV / VHN) dan Micro Hardness (knoop hardness).

Alat Uji Kekerasan
Sumber : Distributor Alat Ukur & Alat Uji
Pengujian kekerasan / uji kekerasan adalah pengujian yang cukup efektif karena secara mudah mengetahui sifat mekanik suatu material. Meskipun pengukuran atau pengujian dilakukan pada satu titik tertentu, namun hasil nilai yang muncul cukup valid untuk menghasilkan data kekuatan suatu material.

Dari sekian banyak pengujian yang telah dilakukan, pengujian kekerasan merupakan salah satu pengujian penting untuk menganalisa suatu material, biasanya pengujian dilakukan agar dapat mengetahui ketahanan terhadap deformasi plastik, suatu nilai yang penting untuk aplikasi dan industri.

Alat Uji Kekerasan

Pengaruh beban, suhu dan  tekanan pada aktivitas manufaktur pun bisa memberikan dampak yang cukup besar terhadap kinerja material, terutama material yang berbahan logam. Karena nya pengujian kekerasan merupakan hal yang penting untuk menguji kualitas dari material, sehingga perannya sangat penting pada proses kontrol kualitas.

Berikut ini adalah metode yang digunakan dalam uji kekerasan :

Metode pengujian kekerasan

1. Brinell (HB/BHN)

Metode yang satu ini adalah metode yang paling banyak dipakai, cara kerja metode ini adalah dengan cara menekankan beban ke benda yang akan diuji dengan ukuran beban yang sudah ditentukan, lalu mengukur dan menganalisa bekas dari alat penekan. Tujuan dari metode yang satu ini adalah agar dapat menentukan seberapa keras suatu benda melalui tahap identor yang ditekankan pada permukaan benda yang sedang diuji, akan tetapi metode ini hanya dapat dilakukan pada benda yang memiliki permukaan kasar dengan rentan kekuatan 500 hingga 3000 kgf. Sementara itu identor atau bola jaya, adalah benda yang terbuat dari bahan karbida tungsten yang sudah di plating.

2. Rockwell (HR/RHN)

Metode Rockwell adalah metode kekerasan suatu benda yang dapat ditentukan berdasarkan kenaikan bersih dari kedalaman beban yang diterapkan. Data yang dihasilkan bukan satu nomor unit, namun diberikan dalam bentuk skala seperti K,M,L,R,E semakin tinggi skala bendana maka akan semakin keras benda tersebut

3. Vickers (HV/VHN)

Pengukuran dengan metode ini biasa disebut dengan metode microhardness, karena metode ini sering digunakan untuk benda kecil dan tipis. Metode ini dilakukan berdasarkan pengukuran optic, dengan cara menentukan rentang beban identor, dengan maksud membuat sebuah lekukan pada material yang diukur lalu dikonversikan ke nilai kekerasan. Cara tersebut sangat berguna apabila diuji pada benda yang lebih luas, namun sampel uji harus dipoles pada ukuran tayang.

0 komentar:

Posting Komentar