Selasa, 03 September 2019

Keuntungan dan Kerugian Air Sadah

Keuntungan dan Kerugian Air Sadah - Tahukah Anda bahwa kesadahan air dapat dibagi menjadi dua yaitu kesadahan sementara dan tetap. Kesadahan sementara merupakan hasil dari adanya senyawa - senyawa bikarbonat dan karbonat dari kalsium dan magnesium di dalam air. Kesadahan sementara ini dapat dihilangkan dengan mendidihkan air tersebut hingga mendidih.

Keuntungan dan Kerugian Air Sadah
Sumber : alat uji kualitas air
Berbeda dengan kesadahan tetap yang bukan disebabkan karena senyawa - senyawa non-karbonat kalsium dan magnesium, akan tetapi disebabkan karena garam - garam dari kedua unsur tersebut.

Untuk mengatasi kesadahan air yang bersifat tetap ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan natrium karbonat untuk mendapatkan ion - ion kalsium dan magnesium yang ada dalam air sadah tersebut. Selain itu proses filtrasi (penyaringan) melalui zeolit (seperti pemutih) yang menyerap ion - ion logam penghasil kesadahan dan melepaskan ion - ion natrium ke dalam air.

Natrium dalam zeloit mengganti ion-ion yang tidak diiginkan dalam air. Ketika zeolit tersebut jenuh dengan ion-ion ini , maka zeolit ini dicuci dengan larutan garam yang mengisi ulang natrium. Cara filtrasi yang bertujuan untuk melunakkan kesadahan tetap sering disebut juga dengan cara pertukaran ion.

Keuntungan dan Kerugian Air Sadah

Walau begitu, air sadah juga masih mempunyai beberapa keuntungan selain kerugiannya saja. Pertama - tama, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari air sadah :
  • Mempunyai rasa yang lebih baik dari pada air lunak
  • Relatif aman dari senyawa - senyawa timbal karena senyawa - senyawa tersebut tidak larut dalam air sadah
  • Menyediakan kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi
Namun disisi lainnya, air sadah juga dapat memberikan dampak kerugian seperti halnya :
  • Dapat membentuk kerak pada ketel (ceret), pipa air dan pipa radiator, sehingga kerak tersebut dapat mengurangi panas yang diberikan ketika ketel (ceret) tersebut digunakan dan kerak ini dapat menyumbat aliran air melalui pipa air dan pipa radiator
  • Dapat menimbulkan scum, yaitu lapisan yang sangat tipis pada permukaan cairan yang dapat menggumpalkan sabun, sehingga sabun sukar berbusa. Dengan demikian, air sadah tidak baik untuk mencuci karena dapat memboroskan sabun dan menimbulkan noda pada pakaian

0 komentar:

Posting Komentar