Selasa, 14 April 2020

Pewarna Minuman dan Pengendaliannya

Pewarna Minuman dan Pengendaliannya - Di zaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini sudah banyak jenis industri yang menyediakan berbagai kebutuhan kita. Industri minuman menjadi salah satu yang berkembang cukup pesat, tentu saja kini kita tahu ada berbagai jenis minuman kemasan yang dijual di pasaran.

Pewarna Minuman

Salah satu cara menarik minat konsumen adalah dengan memainkan warna, baik pada kemasan maupun minuman itu sendiri. Karena tanpa kita sadari warna juga dapat memainkan presepsi kita. Karenanya sangat penting bagi kalangan industri khususnya industri minuman untuk memastikan konsistensi warna pada kemasan dan produknya.

Konsumen juga dapat menilai bahwa warna yang tidak konsisten baik pada kemasan maupun produk dapat diartikan sebagai produk yang tidak berkualitas. Hal ini tentunya disadari betul oleh kalangan industri dan untuk mengantisipasinya mereka melakukan pengukuran warna pada kemasan dan produk mereka menggunakan alat pengukur warna seperti colorimeter dan spektrofotometer.

Minuman sendiri dibuat menggunakan takaran yang tepat dari bahan - bahan tertentu agar tercapai warna yang tepat. Karenanya dengan mengukur warna bahan dapat membantu meminimalisir adanya varian warna nantinya. Selain itu, mengevaluasi warna akhir minuman juga berguna untuk menentukan apakah produk harus melewati tahap produksi ulang.

Produk minuman membutuhkan modus pengukuran tertentu guna mencapai data warna yang akurat dan berulang entah minuman tersebut berjenis buram, bening maupun transparan. Sedangkan jenis minuman smoothies yang buram dengan isian padat atau solid, tidak memungkinkan pengukuran warna menggunakan cahaya namun dilakukan menggunakan mode reflektansi.

Sedangkan untuk jenis minuman bening seperti teh maupun minuman ringan berkarbonasi, pengukuran warna dilakukan dengan modus transmisi pantulan atau dipilih berdasarkan tingkat transparansi warna minuman. Minuman - minuman yang transparan seperti air mineral yang memungkinkan cahaya untuk menembusnya tanpa gangguan. Jenis minuman tersebut juga dapat diukur menggunakan metode transmisi.

Karenanya diperlukan sebuah alat ukur yang dapat mengukur dengan akurat dan konsisten. Anda bisa mendapatkan alat ukur terbaik di CV. Java Multi Mandiri yang merupakan Distributor Alat Pengukur terbaik di Indonesia. Dapatkan juga promo dan penawaran menarik lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar