Minggu, 02 Februari 2020

Kandungan Keringat Tubuh

Kandungan Keringat Tubuh - Ketika tubuh Anda kepanasan atau melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga tentu akan mengeluarkan keringat. Keringat yang dikeluarkan tubuh berguna untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dan juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit Anda.

Kandungan Keringat Tubuh

Bila Anda tidak sengaja mencicipi air keringat Anda maka akan terasa asin dan mungkin akan berbau sedikit asam, namun tahukah Anda apa sajakah yang terkandung di dalam keringat Anda? berikut adalah kandungan dan unsur yang terdapat dalam air keringat :

Kandungan Dalam Air Keringat

1. Bakteri

Ada 2 kantung utama keringat yang dimiliki yang pertama Eccrine atau kantung yang memproduksi keringat yang seperti air dan asin dan terdapat sekitar 2 sampai 5 juta kantung eccrine di seluruh tubuh.

Kantung kedua adalah Apocrine yang terletak di ketiak dan selangkangan yang berfungsi setelah masa puber yang memproduksi keringat lebih kental karena mengandung air, protein, lipid, asam lemak, kolesterol dan garam yang mengandung besi.

Saat kita berkeringat maka bakteri seperti Staphylococcus epidermis dan S. aureus akan menyebar pada kulit kita untuk memecah keringat dan menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan bau tidak sedap.

2. Protein

Saat kita sedang berkeringat sebenarnya tubuh sedang memproses protein menjadi energi dengan membuang nitrogen dan mengubah molekul yang tersisa menjadi glukosa untuk energi, Nitrogen yang terbuang akan menyatukan diri membentuk amonia yang dikeluarkan melalui urine dan keringat.

3. Androstenon

Kandungan lain yang terdapat dalam keringat adalah androstenone dan steroid lain yang menyebabkan bau tidak sedap pada keringat Anda.

4. Asam lemak

Bakteri yang ada bersama keringat dan bercampur dengan keringat di dalam sepatu juga akan menyebabkan bau kaki yang menyebabkan perasaan tidak nyaman. Para peneliti menemukan tingkat asam lemak yang tinggi pada orang dengan bau kaki dan asam lemak tersebut adalah asam isovaleric. 

Asam tersebut adalah sebuah rantai asam lemak yang biasanya ada dalam keju dan bir yang bersifat asam atau pH-nya dibawah 7 pH, ini dapat Anda buktikan dengan pH meter. Selain itu kandungan seperti asam propionic, asam lemak yang menyebabkan bau kuat pada cuka juga terkandung di dalam keringat.

5. Kulit

Apapun yang ada di bawah permukaan kulit juga akan berpengaruh terhadap bau keringat yang dihasilkan, paling tidak ada 100 macam senyawa organik yang mudah menguap pada kulit manusia. Salah satu senyawa tersebut adalah benzothiazole, senyawa sulfur yang berbau tidak sedap dan seringkali digunakan sebagai zat aditif makanan. Menurut peneliti aroma, konsentrasi senyawa ini bervariasi seiring bertambahnya usia.

0 komentar:

Posting Komentar