Selasa, 07 Mei 2019

Alat Pendeteksi Keretakan

Alat Pendeteksi Keretakan atau ultrasonic flaw detector adalah suatu alat uji untuk mendeteksi cacat pada material seperti keretakan. Dari semua aplikasi pengujian industri, deteksi cacat menggunakan alat ini adalah yang tertua dan yang paling sering digunakan sejak tahun 1940-an.
alat pendeteksi keretakan logam
Sumber : alat pendeteksi keretakan logam
Ultrasonic Flaw Detector ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan pengujian pada produk atau material untuk mendeteksi adanya cacat. Ultrasonic Flaw detector dapat menjadi pilihan bagi anda yang memerlukan pengujian dan pengukuran guna standar kualitas produk metal dan non metal. baik pengujian keretakan metal, NDT , heat reduction dan sebagainya cocok dengan spesifikasi produk.

Alat Pendeteksi Keretakan

Ultrasonic flaw detector ini mempunyai keunggulan dalam mendeteksi kecacatan benda melewati ultrasonic, yang ketika menyala dan sensor ditunjukkan maka secara otomatis ia akan mengindikasikan pada layar display dengan teknik tampilan gelombang.

Range yang ada dalam perlengkapan ini dapat mendeteksi Kecacatan Benda ini sendiri hingga 9999 mm dalam baja, ultrasonic flaw Detector Pendeteksi Kecacatan Benda dengan Ultrasonic sesuai untuk dipakai pada benda kerja yang besar dan dalam pengukuran resolusi tinggi.

Prinsip kerja dari Ultrasonic Flaw Detector adalah dengan menembakkan gelombang ultrasonic dengan frekuensi tinggi sekitar 0,25 sampai 10 Mhz pada material melalui jalur yang bisa diprediksi. Gelombang ultrasonic yang ditembakkan akan merambat melalui material dan akan dipantulkan apabila mengenai sisi lain material atau cacat yang ada di dalam material, sehingga pada umumnya pengecekan ultrasonik ini didasarkan pada perbedaan intensitas gelombang yang diterima serta masa-masa perambatannya.

Proses pembuatan material sering terjadi masalah berupa kecacatan yang timbul di dalam benda padat tersebut. Detektor kecacatan yang digunakan untuk mendeteksi cacat pada ukuran bawah permukaan dan anomali dalam banyak materials. Instrumen ultrasonic berkualitas tinggi untuk berbagai aplikasi seperti pemeriksaan pengelasan, petrokimia, minyak, gas pipa, tabung, nuklir daya bejana tekan, komponen kedirgantaraan, perawatan pesawat dan logam berat industri. Manfaat utama deteksi cacat ultrasonik ialah prosesnya paling cepat. kita tidak membutuhkan prosedur yang panjang guna mendeteksi permukaan.

0 komentar:

Posting Komentar