Senin, 08 April 2019

Cara Menjernihkan Air Sumur

Cara Menjernihkan Air Sumur - Sumur yang sudah berumur atau sudah lama digunakan maka sering kali airnya akan berwarna sedikit kekuning-kuningan. Ini merupakan hal yang wajar pada sumur yang sudah tua, bahkan mungkin Anda juga mengalami hal tersebut.

Cara Menjernihkan Air Sumur
Sumber : Alat uji kualitas air

Air seperti ini merupakan air yang kurang baik bagi kesehatan dan biasanya juga akan tetap berbau tidak sedap walaupun sudah direbus hingga mendidih. Selain itu bila digunakan untuk mandi juga tidak baik karena dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit kulit.

Sebenarnya cara untuk menghilangkan bau tidak sedap dan warna kekuning-kuningan ini sama. Ada cara alami yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan tawas. Tawas ini merupakan kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal yang bersifat isomorf. Tawas ini adalah kristal yang mudah larut di dalam air namun ini juga masih tergantung dengan kandungan logam dan suhunya.

Tawas ini merupakan bahan yang banyak dijual di pasaran. Tawas ini dari bentuknya dsama seperti gula pasir dan terkadang juga ada yang masih berbentuk bongkahan. Tawas ini meskipun warnanya putih namun saat tawas ini bercampur dengan air maka air tersebut tidak akan berubah warna. Tawas ini juga bukan merupakan bahan yang mahal karena harga tawas ini sangat terjangkau.

Kenapa Tawas dapat Menjernihkan Air Sumur?

Tawas ini merupakan yang termasuk dalam kategori koagulan dimana sifat koagulan ini dapat menjernihkan air. Tawas ini akan menjernihkan dengan cara menstabilkan partikel-partikel berupa bahan pencemar yang berbentuk koloid. Pada pasaran tawas ini maka yang dimaksud adalah bahan aluminium sulfat. Tawas memiliki sifat sebagai flocculator dan koagulan yang terbukti bermanfaat untuk mengendapkan partikel yang melayang entah itu yang berbentuk koloid maupun yang tersuspensi.

Cara Menjernihkan Air Sumur dengan Tawas

Untuk menjernihkan air dengan tawas maka kita harus sangat memperhatikan takarannya, untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :
  • Untuk Air yang tidak terlalu keruh tidak berlumpur maka penggunaan tawas hanya perlu 3 - 5 sendok makan full untuk 1.000 liter air dalam sumur
  • Untuk Air yang keruh dan sedikit berlumpur maka takarannya antara 5 - 8 sendok makan full untuk 1.000 liter air dalam sumur
  • Jika dirasa masih keruh air sumur tersebut maka dosisnya dapat Anda tambahkan lagi, hal ini biasanya karena volume air sumur yang tidak dapat kita prediksi atau perkirakan. Penambahan ini sebaiknya dilakukan secara bertahap tidak langsung menambahkan dalam jumlah besar

Cara penggunaan tawas ini adalah dengan mencampurkan tawas dengan air kira-kira 5 mL, jika tawas masih berbentuk bongkahan maka Anda dapat menghaluskannya terlebih dahulu. Kemudian Anda aduklah tawas ini hingga larut dalam air tersebut.

Langkah selanjutnya adalah masukkan atau tuangkan larutan tawas tersebut ke dalam sumur lalu biarkan selama kurang lebih 6 jam. Hal ini karena tawas sendiri butuh waktu untuk mengikat kotoran yang terkandung dalam air sumur. Disarankan untuk memasukkan tawas pada sore hari sehingga pada pagi harinya air sumur sudah dapat Anda gunakan.

Hal yang perlu diperhatikan / Anda ketahui
  • Tawas ini hanya bersifat untuk menjernihkan air, namun tidak mengubah rasanya, sehingga air sumur yang rasanya asin dan berminyak tidak dapat diatasi dengan penggunaan tawas ini
  • Takaran tawas yang telah disebutkan di atas merupakan contoh yang diambil dari rata-rata penggunaannya, untuk kadarnya Anda dapat menyesuaikan sendiri dengan keadaan sumur Anda
  • Bila Anda tidak dapat menemukan tawas maka Anda dapat menggunakan kapur gamping

Demikian adalah sedikit tips untuk menjernihkan air sumur Anda menggunakan bahan alami seperti tawas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar