Senin, 03 April 2023

Jenis-Jenis Kayu Anti Rayap, Nomor Satu Sering Dijumpai

Jenis-Jenis Kayu Anti Rayap, Nomor Satu Sering Dijumpai - Saat membangun rumah, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti pemilihan bahan bangunan. Sebab jika tidak disiapkan dengan baik, bisa-bisa rumah yang dibangun berpotensi menjadi sarang rayap.

Sumber: Jasa Pembasmi Rayap

Kalau sudah ada rayap, akan banyak kerusakan yang terjadi. Sebab, rayap merupakan jenis hama yang cukup merugikan. Hama satu ini hidup secara berkoloni dan sifatnya merusak rumah, furnitur, hingga dinding. rayap tak hanya menyerang rumah kecil, tetapi juga bangunan besar.

Mereka tak peduli dengan apa yang mereka hancurkan selama bisa memakan selulosa yang ada dalam kayu. Yang makin bikin jengkel adalah rayap menggerogoti kayu dalam diam. Keberadaannya tidak terdeteksi dengan cepat. Baru setelah ada efek yang lumayan besar dan terlihat merugikan, keberadaan rayap dapat diketahui.

Namun semua itu bisa disiasati dengan memilih jenis kayu yang akan dipakai. Sebab tak semua kayu bisa dimakan oleh rayap.

Memilih jenis kayu anti rayap sebelum membuat rumah atau furnitur adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar perabot bisa awet. Ini merupakan sebuah tindakan pencegahan yang dilakukan untuk menghindari kerugian besar di waktu yang akan datang.

Berikut ini adalah daftar kayu tahan rayap yang bisa Anda pilih saat hendak membuat furnitur, kerangka rumah, kusen, hingga lantai:

1. kayu jati

Sudah bukan rahasia lagi jika kayu jati adalah kayu idaman dan paling favorit meski harganya mahal. Mahalnya harga kayu jati sepadan dengan tingkat kekuatan dan ketahanannya terhadap rayap. kayu ini juga aman dari air dan tidak gampang berjamur saat ditempatkan di area yang lembap.

Salah satu bukti ketahanan dan kekokohan kayu jati adalah penggunaannya pada bahan antik. Jika diperhatikan, ada banyak sekali meja dan kursi antik berbahan kayu jati yang ada sejak dulu hingga sekarang tanpa ada rayap yang membuatnya lapuk.

2. kayu Sengon

Karakteristik dari kayu ini adalah kokoh dan memiliki tingkat pertumbuhan paling cepat di dunia dengan capaian tinggi sampai 7 meter.

Salah satu bukti bahwa sengon tahan terhadap rayap adalah pemanfaatannya dalam pembuatan peti kemas, papan lapis, dan papan partikel. kayu ini tak akan dipilih untuk membuat peti kemas jika memang tidak tahan rayap, bukan?

3. kayu Ulin

kayu ulin berasal dari pulau Kalimantan. kayu ini ditemukan tumbuh secara berkelompok di dalam hutan, tetapi ada juga yang tumbuh secara berpencar.

Karakteristik kayu ini adalah kulitnya licin dengan tekstur kayu yang kasar. Sementara bau kayu ini sangat khas dan sangat sulit dipotong karena keras. kayu ulin kini termasuk dalam flora yang dilindungi oleh negara karena sering di-eksploitasi.

4. kayu Merbau

kayu ini sebelas dua belas dengan kayu jati, meski memang belum bisa mengalahkannya. kayu merbau sangat cocok ditanam di area hutan hujan tropis dengan ciri-ciri kayu yang kuat dengan warna coklat kemerahan yang khas.

Karena kekuatannya, harga kayu merbau hanya terpaut sedikit di bawah kayu jati. Pemanfaatannya adalah untuk membuat perabot minimalis.

0 komentar:

Posting Komentar